Fakta dan Tip Osteoporosis

Hidup Sehat untuk Merawat Tulang Anda dengan Baik

Osteoporosis terutama menyerang wanita, tetapi pria dapat mengembangkan penyakit. Faktanya, sekitar 2 juta pria menderita osteoporosis — itu 20% dari semua kasus di AS.  Kesehatan tulang Anda secara keseluruhan ditentukan oleh banyak hal — mulai dari seberapa baik tulang Anda terbentuk ketika Anda lebih muda dari tingkat aktivitas fisik Anda selama bertahun-tahun.

Tulang Anda adalah struktur hidup yang berubah dan tumbuh. Mungkin sulit untuk dipercaya, tetapi tulang Anda beregenerasi sepanjang hidup Anda. Sebagai seorang remaja, Anda tumbuh lebih banyak tulang daripada Anda kalah. Antara usia 18 dan 25 tahun, Anda akan mencapai jumlah tulang terbanyak yang pernah Anda miliki. Ini disebut massa tulang puncak.

Seiring bertambahnya usia, kemampuan kita untuk membangun kembali tulang baru secara bertahap melambat, dan tulang keropos naik. Bagi banyak wanita, keropos tulang menjadi masalah utama karena penurunan kadar estrogen yang signifikan.

Biasanya tidak ada gejala osteoporosis, dan kadang-kadang gejala pertama bisa menjadi patah tulang. Pergelangan tangan, pinggul, dan tulang belakang adalah tempat paling umum untuk mendapatkan fraktur terkait osteoporosis.

Kalsium dan vitamin D adalah nutrisi utama untuk kesehatan tulang. Di sisi lain, protein, kafein, dan natrium dapat membahayakan tulang Anda jika dikonsumsi dalam jumlah yang sangat tinggi. Latihan membangun dan mempertahankan tulang yang kuat, jadi jika Anda tidak aktif, tulang Anda kemungkinan lebih lemah dari yang seharusnya.

Masalah usus, penyakit ginjal, dan masalah paratiroid dan tiroid adalah contoh kondisi medis yang dapat menyebabkan osteoporosis.

Osteoporosis dapat dicegah. Pilihan gaya hidup sehat, seperti makan makanan yang seimbang, kaya nutrisi, aktif secara fisik, mengurangi kebiasaan merokok, dan membatasi konsumsi alkohol, akan membantu mencegah timbulnya penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar