Tumor Pituitari

Pertumbuhan Abnormal di Kelenjar Pituitari Anda

Tumor hipofisis adalah pertumbuhan abnormal yang dapat berkembang di kelenjar pituitari Anda, menyebabkan produksi berlebihan hormon tertentu.

Kelenjar pituitari Anda adalah kelenjar seukuran kacang yang terletak di dasar otak Anda.

Meskipun kecil, kelenjar pituitari Anda sangat kuat — ini dikenal sebagai "kelenjar utama" karena bertanggung jawab untuk mengatur aktivitas kelenjar lain dalam sistem endokrin Anda. Kelenjar pituitari Anda melepaskan hormon yang mengatur tiroid Anda, misalnya.

Kelenjar pituitari menghasilkan beberapa hormon. Namun, hormon paling penting yang dihasilkannya yang terkait dengan tumor hipofisis adalah:

    hormon adrenocorticotropic (ACTH)
    hormon pertumbuhan (GH)
    prolaktin
    thyroid-stimulating hormone (TSH)

Untungnya, kebanyakan tumor pituitari adalah pertumbuhan non-kanker (disebut adenoma), yang berarti mereka tidak akan menyebar ke area lain di otak atau jaringan di sekitarnya.

Tumor hipofisis dapat diklasifikasikan menjadi 2 kategori:

    Microadenomas: tumor pituitari yang lebih kecil (lebih kecil dari 10 mm)
    Macroadenoma: tumor hipofisis yang lebih besar (lebih besar dari 10 mm)

Baik mikroadenoma dan macroadenoma menyebabkan kelebihan produksi hormon yang disebutkan di atas — hormon apa yang diproduksi berlebih tergantung pada tempat tumor berada. Itu karena hormon yang berbeda diproduksi di berbagai area hipofisis.

Jenis utama tumor hipofisis adalah:

    Tumor penghasil hormon adrenokortikotropik: Tumor ACTH menghasilkan adrenocorticotropin, hormon yang menstimulasi kelenjar adrenalin Anda (kelenjar berbentuk segitiga di atas ginjal Anda) untuk menghasilkan kortisol (hormon lain). Anda dapat mengembangkan penyakit Cushing sebagai akibat dari ACTH yang menyebabkan terlalu banyak kortisol.

    tumor yang mensekresi hormon pertumbuhan: tumor GH menghasilkan hormon pertumbuhan berlebih, yang dapat menyebabkan akromegali.

    tumor mensekresi prolaktin: Dikenal sebagai prolaktinoma, tumor ini dapat menurunkan tingkat hormon seks karena produksi prolaktin yang berlebihan.

    Tumor yang mensekresi hormon thyroid-stimulating: Tumor TSH dapat menyebabkan tiroid Anda untuk membuat terlalu banyak tiroksin (hormon tiroid utama). Meskipun jenis tumor ini jarang, dapat menyebabkan hipertiroidisme, yang dapat membuat metabolisme tubuh Anda menjadi terlalu cepat.

Tumor hipofisis dapat menyebabkan kelelahan, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan atau penambahan berat badan, dan, dalam kasus yang ekstrim, kebutaan. Tetapi tumor pituitari tidak selalu menyebabkan gejala. Ada kemungkinan bagi Anda untuk memiliki tumor pituitari tetapi tidak pernah didiagnosis.

Dalam seri artikel ini, kami akan meninjau gejala umum, penyebab, faktor risiko, dan perawatan untuk tumor hipofisis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar