Terapi Penggantian Estrogen untuk Osteoporosis

Jika Anda mendekati menopause, tubuh Anda mungkin akan memperingatkan Anda untuk penurunan estrogen secara tiba-tiba dengan tanda-tanda fisik (seperti hot flashes) dan perubahan psikologis (termasuk perubahan suasana hati). Efeknya pada tulang Anda tidak akan begitu jelas, tetapi hilangnya estrogen tentu akan mempengaruhi mereka. Jika Anda memiliki risiko tinggi untuk osteoporosis dan sedang mendekati atau telah mencapai menopause, terapi pengganti estrogen mungkin merupakan pengobatan osteoporosis yang baik atau tindakan pencegahan.

Estrogen adalah hormon seks yang penting bagi kesehatan tulang wanita karena meningkatkan aktivitas osteoblas, yang merupakan sel-sel yang menghasilkan tulang. Ketika kadar estrogen menurun selama menopause, osteoblas tidak dapat secara efektif menghasilkan tulang.

Terapi penggantian estrogen digunakan untuk menjadi satu-satunya pengobatan yang disetujui FDA untuk mencegah osteoporosis. Sekarang ada banyak obat dan obat lain untuk osteoporosis, tetapi estrogen tetap merupakan pengobatan yang cukup umum untuk mengkonservasi massa tulang dan mencegah patah tulang terkait osteoporosis pada wanita pasca-menopause.

Terapi penggantian estrogen cocok untuk sebagian besar wanita, tetapi seharusnya tidak digunakan jika Anda memiliki:

    Kanker payudara atau uterus
    Fungsi hati yang buruk atau penyakit hati
    Riwayat pembekuan darah baru-baru ini

Juga, terapi penggantian estrogen bukan untuk wanita pra-menopause atau untuk pria.

Dalam kebanyakan kasus, Anda juga akan mengambil hormon progesteron bersama dengan estrogen. Ini karena mengambil estrogen saja meningkatkan risiko Anda untuk kanker rahim, sementara kombinasi estrogen dan progesteron sangat mengurangi risiko ini. Namun, jika Anda telah menjalani histerektomi, yang melibatkan pengangkatan rahim Anda, atau lahir tanpa rahim, Anda dapat menggunakan estrogen dengan aman karena Anda tidak memiliki risiko untuk terkena kanker rahim.

Kapan Memulai Terapi Penggantian Estrogen

Waktu yang ideal untuk memulai terapi penggantian estrogen adalah selama menopause dini. Tetapi banyak ahli endokrin percaya bahwa manfaat terapi estrogen yang dapat mempertahankan tulang masih dapat dicapai bahkan jika dimulai lebih dari satu dekade setelah menopause.

Cara Menggunakan Terapi Penggantian Estrogen

Tergantung pada apa merek estrogen yang dianjurkan dokter Anda, estrogen dapat diberikan sebagai transdermal (kulit) patch atau pil.

Dokter Anda mungkin menyarankan Anda mengonsumsi estrogen setiap hari, dengan progesteron selama sekitar 14 hari setiap bulan. Anda juga bisa mengonsumsi estrogen dan progesteron setiap hari, atau cukup mengonsumsi estrogen setiap hari.

Jika Anda menggunakan patch, Anda mungkin akan mengubah patch dua kali seminggu atau mingguan.

Potensi Resiko

Meskipun terapi penggantian estrogen pernah menjadi satu-satunya obat osteoporosis yang disetujui, obat ini tidak banyak digunakan saat ini. Sebagian alasannya adalah karena terapi telah terhubung dengan peningkatan risiko kanker rahim, kanker payudara, stroke, serangan jantung, pembekuan darah, dan bahkan penurunan mental.

Meskipun efek samping ini potensial, terapi penggantian estrogen efektif untuk melindungi wanita pasca-menopause dari keropos tulang. Jika Anda dan dokter Anda percaya terapi penggantian estrogen adalah pengobatan yang tepat untuk Anda, kemungkinan besar akan digunakan dalam dosis serendah mungkin untuk waktu yang paling singkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar